cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil" : 12 Documents clear
ANALISIS PARAMETER ALFA HIDROGRAF SATUAN SINTETIK NAKAYASU PADA DAS DI PULAU FLORES Krisnayanti, Denik S.; Frans, John H.; Halema, Emanuel U. M.
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.815 KB)

Abstract

Pulau Flores termasuk wilayah sungai strategis nasional sehingga perlu dikaji data karakteristik DAS sebagai dasar perhitungan debit banjir metode Hidrograf Satuan Sintetik (HSS) Nakayasu. Metode ini sederhana karena parameter inputnya sedikit. Namun penerapan HSS Nakayasu dijumpai kesulitan dalam penentuan parameter ? (alfa) yang bersifat perkiraan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bentuk DAS di pulau Flores terhadap nilai alfa menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG), mengetahui persamaan parameter alfa sesuai karakteristik DAS di pulau Flores, dan mengetahui besar koefisien determinasi dan standar error persamaan alfa yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh bentuk DAS berdasarkan SIG yaitu DAS memanjang dan kompleks menghasilkan kisaran nilai alfa 1,5 - 2. Adapun bentuk DAS radial dan paralel berkisar antara 2 - 3. Nilai alfa rata-rata DAS kompleks sebesar 1,783, DAS memanjang sebesar 1,928, DAS paralel sebesar 2,076, dan DAS radial sebesar 2,131. Persamaan parameter ? (alfa) hasil regresi non linear diperoleh ? = 0,47.A0,036. L0,597 / Tg. Koefisien determinasi sebesar 0,989. Standar error hasil estimasi sebesar 2%.Flores Island is included in the national strategic river area, so data on watershed characteristics need to be assessed as the basis for calculating the Synthetic Unit Hydrograph (SUH) Nakayasu method. This method is simple because the input parameters are few. However, the application of SUH Nakayasu was found to be difficult in determining the parameter ? (alpha) which is approximate. The study aims to determine the effect of Flores island watershed shape against alpha value using Geographic Information System (GIS), modeling the parameter equation alpha according to watershed characteristics on the island of Flores, and knowing the magnitude of the coefficient of determination and standard error of alpha equations obtained. The results showed the effect of the watershed shape based on GIS namely longitudinal and complex watershed produced a range of alpha values of 1.5 - 2. The the shape of radial and parallel watersheds ranged between 2 - 3. The average alpha value of complex watershed was 1,783, longitudinal watershed was 1,928, parallel watershed is 2,076, and radial watershed is 2,131. The equation ? (alpha) results of non linear regression are obtained ? = 0.47.A0.036. L0,597 / Tg. The determination coefficient is 0.989. Standard estimated error is 2%.
EFISIENSI PEMANFAATAN AIR DENGAN SARANA PENAMPUNGAN AIR HUJAN PADA RUMAH WARGA KOTA KUPANG Krisnayanti, Denik S.; Yosafath, Yoshua T.; Pah, Jusuf J. S.
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.576 KB)

Abstract

Kota Kupang memiliki musim hujan yang cukup singkat (3-4 bulan), namun tingkat curah hujan harian tergolong tinggi yakni berkisar antara 79 mm ? 203 mm. Limpasan air hujan yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan air rumah tangga dengan pembuatan sarana PAH. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efisiensi pemanfaatan air pada rumah warga dengan memanfaatkan sarana PAH. Metode yang digunakan dalam perencanaan bangunan PAH adalah metode neraca air. Metode ini membandingkan tingkat kebutuhan air (demand) terhadap volume air yang dapat ditampung atau ketersediaan air (supply). Dalam penelitian ini, digunakan 30 sampel untuk mewakili 6 kecamatan di Kota Kupang. Interval kapasitas media penyimpan minimum sarana PAH adalah 26.592? 44.097 liter atau sebesar 26,59-44,10  m3. Berdasarkan hasil perhitungan, dengan memanfaatkan sarana PAH setiap sampel yang dijadikan objek penelitian dapat melakukan penghematan air dengan efisiensi rata-rata sebesar 30,57%. Berdasarkan angka ini, maka dengan adanya bangunan PAH cukup membantu penghematan pengeluaran rumah tangga untuk kebutuhan air bersih.Kupang City have short time of rainy season (3-4 months), butthe value of daily rainwater at Kupang city is classified high drops, that ranges between 79 mm-203 mm. The high amount of rainwater runoff can be utilize to support water domestic needs by build the rooftop rainwater harvesting system. The purpose of this research is to know the efficient of water utilization in citizen?s house by utilize the rooftop rainwater harvesting system. The used method in the rooftop rainwater harvesting system planning is water balance method. This method compares the water demand level to water volume that can be supplied. In this research, 30 samples are used to represent 6 sub-districts in Kupang City. The interval of rooftop rainwater harvesting minimum median capacity is 26.592? 44.097 litre or 26,59-44,10 m3. Based on the calculation result, by utilize the rooftop rainwater harvesting facility on each sample that made as research object can be done by water saving with the average efficiency is 30,57%. Based on this number, then with the exist rooftop rainwater harvesting can help to saving the domestic output for clean water needs too.
PERBANDINGAN RESPON STRUKTUR GEDUNG BERATURAN DUA DIMENSI YANG MENGGUNAKAN RESPON SPEKTRA PSHA DAN SNI DI PULAU ALOR Simatupang, Partogi H.; Djema, Venantius K.; Ramang, Ruslan
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.044 KB)

Abstract

Pulau Alor merupakan salah satu wilayah yang memiliki aktivitas seismisitas dan tektonik yang tinggi. Perlu adanya perencanaan dan analisis yang baik terhadap bangunan agar mencegah bangunan mengalami kerusakan struktur. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui perbandingan respon struktur dengan menggunakan respons pektra PSHA (Probability Seismic Hazard Analysis) dan respon spektra SNI di Pulau Alor yang ditinjau berdasarkan defleksi lateral, total drift dan interstory drift dengan menggunakan software SAP 2000. Hasil analisis yang didapat dari penelitianini ialah pada portal arah X nilai defleksi lateral maksimum terjadi pada lantai yang paling atas pada struktur sebesar 0,0168 m. Sementara pada portal arah Y nilai defleksi lateral maksimum terjadi pada lantai yang paling atas pada struktur sebesar 0,0251 m. Berdasarkan nilai total drift dan interstory drift, gedung termasuk dalam taraf kinerja Immediate Occupancy (IO) dengan Maksimal Total Drift pada portal arah X sebesar 0,0006, sedangkan Maksimal Total Drift pada portal arah Y sebesar 0,0009. Dan Maksimal Interstory Drift pada portal arah X sebesar 0.0004, sedangkan Maksimal Interstory Drift pada portal arah Y sebesar 0,0007. Hasil perbandingan menunjukkan defleksi lateral dengan metode PSHA lebih besar dibandingkan defleksi lateral SNI 2012 dan 2002.Alor island is one of the territory that have high seismic and tectonic activities. There is a need for planning and well analysis on the structure to prevent the building have structural damage. The purpose of this research is to find the comparison of the structure response with use PSHA’s (Probability Seismic Hazard Analysis) spectrum response and SNI’s spectrum response in Alor island that observed from lateral deflection, total drift and interstory drift by use SAP 2000 software. The result of this analysis is the maximum lateral deflection values on X axis’s frame at the highest story on the structure is 0,0168 m. While the maximum lateral deflection values on Y axis’s frame at the highest story on the structure is 0,0251 m. Based on the total drift and interstory drift values, the building can be include in Immediate Occupancy (IO) performance level with the maximum total drift for X axis’s frame is 0,0006 , while the maximum total drift for Y axis’s frame is 0,0009. And the maximum interstory drift for X axis’s frame is 0,0004 , while the maximum interstory drift for Y axis’s frame is 0,0007. The result of the comparison shows that the lateral deflection with PSHA’s method is bigger than the SNI 2012’s and SNI 2002’s lateral deflection.
STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA NIUKBAUN MENGGUNAKAN CAMPURAN TANAH KAPUR DAN SEMEN Sir, Tri M. W.; Lay, Raymond R.; Bunganaen, Wilhelmus
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.404 KB)

Abstract

Jenis tanah di Desa Niukbaun Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang yang diklasifikasi menurut USCS termasuk kelompok CH sedangkan berdasarkan AASTHO termasuk kelompok A-7-6 (11). Guna memperbaiki kekuatan tanah tersebut perlu dilakukan usaha stabilisasi tanah. Stabilisasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah stabilisasi kimiawi yaitu dengan menambah bahan tambah (aditif) berupa tanah kapur dengan persentase 10%, 20%, 30%, 40% dan 50% serta persentase semen 5% pada persentase tanah kapur 30%, 40% dan 50%. Metode penelitian yang dilakukan yaitu pengujian sifat fisik dan sifat mekanik tanah lempung. Hasil penelitian menunjukan nilai indeks plastisitas tanah asli 27,54%, namun pada penambahan tanah kapur 50% nilai indeks plastisitas berkurang menjadi 14,58%, nilai CBR terendam meningkat menjadi 5,31% dari nilai tanah asli sebesar 0,38%, nilai pengembangan (swelling) berkurang menjadi 0,16% dari nilai tanah asli sebesar 2,45%, sedangkan nilai kuat tekan bebas meningkat menjadi 7,62 kg/cm2 dari nilai tanah asli yaitu 1,07 kg/cm2. Pada penambahan tanah kapur 50% dan semen 5% menghasilkan nilai indeks plastisitas berkurang menjadi 5,53%, nilai CBR terendam meningkat menjadi 7,37%, nilai pengembangan (swelling) berkurang menjadi 0,32% dan nilai kuat tekan bebas meningkat menjadi 16,54 kg/cm2 dari nilai tanah asli.The type of soil in Niukbaun Village, Amarasi Barat sub-district, Kupang district, which was classified according to USCS included the CH group, while based on AASTHO included to groups A-7-6 (11). In order to improve the strength of the soil, a soil stabilization effort is needed. Stabilization used in this study is chemical stabilization by adding ingredients (additives) in the form of limestone soil with a percentage of 10%, 20%, 30%, 40% and 50% and the percentage of cement 5% in the percentage of lime soil 30%, 40% and 50%. The research method that is carried out is testing the physical properties and mechanical properties of clay.The result shows the original soil plasticity index value was 27,54%, but in the addition of 50% lime soil the plasticity index value was reduced to 14,58%, soaked CBR value increased to 5,31% from the original soil’s plasticity index value of 0,38%, value swelling reduced to 0,16% from the original soil value of 2.45%, while the free compressive strength increased to 7,62 kg/cm2 from the original soil value of 1.07 kg / cm2. On the addition of 50% limestone soil and 5% cement, the plasticity index value was reduced to 5,53%, soaked CBR value increased to 7,37%, swelling value decreased to 0,32% and free compressive strength value increased to 16,54 kg/cm2 of the original soil value.
PENGGUNAAN BAN MOBIL BEKAS PADA BENDUNG KONSOLIDASI DALAM BELOKAN SUNGAI RINGAN (III) UNTUK KESEIMBANGAN DASAR SUNGAI Udiana, I Made
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.469 KB)

Abstract

Perubahan dasar sungai berlangsung terus menerus, sehingga mempengaruhi morfologi sungai dan berpengaruh pada kestabilan sistem.  Usaha sungai untuk mencapai kestabilan itu, menyebabkan timbulnya belokan pada sungai. Usaha pengaturan sungai dengan menempatkan bendung konsolidasi pada belokan ditujukan untuk mengatur dan mengurangi  penggerusan dan pengendapan, sehingga tercapai keseimbangan dasar sungai. Dengan melihat jenis-jenis material yang sudah ada untuk konstruksi bendung konsolidasi, timbullah gagasan penulis menggunakan ban mobil bekas ukuran 195/60 HR15 sebagai alternatif untuk konstruksi tersebut.  Penelitian ini bertujuan menganalisis kemiringan rata-rata yang terjadi tiap potongan dan kedalaman gerusan maksimum yang terjadi terhadap pengaruh penempatan bendung konsolidasi pada model sungai dengan belokan ringan (III) serta pada kondisi debit minimum, debit rata-rata dan debit maksimum agar konstruksi berfungsi mengatur arah aliran dengan baik, sehingga tercapai keseimbangan dasar sungai. Analisa data pada uji model fisik pada sungai dasar tidak tetap meliputi analisa model fisik sungai  dasar tidak tetap, analisa model sungai  sebelum dan sesudah ditempatkan bendung konsolidasi dengan rumus empiris dan perhitungan dengan Program Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penempatan bendung konsolidasi yang sesuai pada potongan ½(4b-5) untuk belokan ringan (III) dengan Ir = 0,00111, Is =0,00008 dan Id = 0,01049, dimana Is < Ir < Id, sehingga memberikan keseimbangan dasar sungai yang baik.The changes in river beds continuously, changing the morphology of river and bringing about gradua change on the stability of the river system. The natural drive in a river to achieve stability will result in the formation of river bends. The effort to manage a river by putting consolidation weir on river bends is aimedat regulating and reducing the aggradation and degradation, in order achieve balance in the river flow. After considering various kinds of available material for constructing consolidation dam and groynes, the writer comes up with an idea to use alternative material for that purpose, that is secondary car tire with a dimention of 195/60 HR15.This research is aimed at analyzing the condition of topographic changes in a model of river bed, the slope of each section and the maximum depth of the degradation which result from the construction of consolidation weir on the model for the river that is using bends light (III), of minimum discharge , average discharge and maximum discharge, in order to determine the proper course of water flow, so as to achieve balance in river beds.The analysis on physical model test on movable beds includes : analysis of physical model of the movable beds, analysis of river model before and after putting consolidation weir with using empirical formulas which is calculated using the Excel Program.The results showed that the placement of consolidation weirs was appropriate for section ½ (4b-5) for river bend light (III) with Ir = 0,00111, Is =0,00008 and Id = 0,01049, where Is < Ir < Id, can achieve the balance for river bed.
BANGKITAN PERJALANAN PENDUDUK DI KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG Riwu Kaho, Lulu M. R.; Frans, John H.; Hangge, Elsy E.
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.146 KB)

Abstract

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mendapatkan model bangkitan dan pola bangkitan perjalanan penduduk di Kecamatan Alak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner dan wawancara langsung sebagai alat ukur dengan satuan rumah tangga sebagai sampel yang dilakukan secara acak dengan metode acak sederhana (simple random sampling). Untuk mendapatkan model bangkitan dan pola bangkitan perjalanan penduduk maka perlu dilakukan beberapa analisis. Analisis yang pertama dilakukan adalah uji validitas dan linearitas data lalu dilakukan uji antar variabel dengan menggunakan matriks korelasi, dari hasil matriks korelasi ternyata hanya 3 (tiga) variabel bebas saja yang berpengaruh terhadap bangkitan perjalanan yang terjadi yaitu jumlah anggota keluarga yang sekolah (X3), jumlah anggota keluarga yang bekerja (X2), dan jumlah anggota keluarga (X1), dengan Y =  1,146 X3 + 0,918 X2 + 0,372 X1 – 0,923. Untuk pola distribusi perjalanan yang dihasilkan terbagi atas 2 yaitu perjalanan dalam Kecamatan Alak sebesar 249 perjalanan dengan perjalanan paling banyak menuju Kelurahan Alak sebesar 48 perjalanan dan perjalanan keluar Kecamatan Alak sebesar 1353 perjalanan dengan perjalanan paling banyak menuju Kecamatan Oebobo sebesar 412 perjalanan.The purpose of this final assignment is to obtain a generation model and pattern of residents trip in Alak District. The method of data collection is done by questionnaire method and direct interview as a measuring instrument with household units as samples that are done randomly by simple random sampling. To get a generation model and population trip generation pattern, it is necessary to do some analysis. The first analysis carried out was the validity and linearity test of the data and then tested between variables using a correlation matrix, from the correlation matrix results only 3 (three) independent variables that influence trip generation that occur, namely the number of family members in school (X3), the number of family members working (X2), and the number of family members (X1), with Y = 1,146 X3 + 0,918 X2 + 0,372 X1 - 0,923. The trip distribution pattern produced is divided into 2, namely trips in Alak Subdistrict equal to 249 trips with the most trips to Alak Sub-District for 48 trips and outbound trips Alak District for 1353 trips with the most trips to Oebobo Subdistrict for 412 trips.
BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DI KOTA KUPANG Bolla, Margareth E.; Nasjono, Judi K.; Pedelati, Marchninth A.
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.9 KB)

Abstract

Kota Kupang memiliki pelayanan angkutan kota yang dalam keseharian disebut ”bemo” dan tarif yang diberlakukan adalah tarif datar/ flat dimana untuk penumpang umum sebesar Rp. 3.000,- dan untuk pelajar adalah sebesar Rp. 2.000,-. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar Biaya Operasional Kendaraan (BOK), yang merupakan salah satu dasar penentuan kebijakan tarif angkutan kota. Analisis BOK dilakukan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. Hasil analisis BOK didapati besar biaya operasional terkecil adalah sebesar Rp. 884,41,- per penumpang serta tarif terkecil adalah sebesar Rp. 972,85,- per penumpang yaitu pada trayek 11/C6 yang melayani wilayah Terminal Kupang-Perumnas.Nilai BOK terbesar untuk trayek angkutan umum di kota Kupang adalah Rp 2.677,32,- per penumpang serta tarif terbesar Rp. 2.945,05,- per penumpang untuk trayek 35, yaitu trayek yang melayani Terminal Kupang-Penfui.Kupang City has a public transportation service called "bemo", which applies a flat rate of Rp. 3,000 for general passengers and Rp. 2,000, - for students. The purpose of this study is to determine the Vehicle Operating Costs (VOC), which are the basis for determining the city transport tariff policy. The VOC analysis was carried out based on Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. The results of the VOC analysis found that the smallest operational cost was Rp. 884.41,-/person and the smallest tariff is Rp. 972.85,-/person, which is on route 11 / C6 (Terminal Kupang-Perumnas). The largest VOC value for public transport routes in Kupang City is Rp 2,677.32,-/person and the largest tariff is Rp. 2,945.05,-/person for route 35, which serves the Terminal Kupang-Penfui route.
KUAT TEKAN BETON NORMAL DAN MORTAR YANG MENGGUNAKAN AGREGAT HALUS DAN AGREGAT KASAR SUNGAI FATUBENAO Hunggurami, Elia; Suri, Christianus A.; Hangge, Elsy E.
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.358 KB)

Abstract

Beton dan mortar merupakan bahan yang paling sering digunakan dalam struktur bangunan modern saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kuat tekan beton dan mortar yang menggunakan agregat Sungai Fatubenao yang berada di Kelurahan Fatubenao Kecamatan Kota Atambua Kabupaten Belu, serta untuk mengetahui nilai perbandingannya terhadap beton dan mortar yang menggunakan agregat Sungai Takari. Benda uji beton berbentuk silinder dengan ukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Nilai kuat tekan yang direncanakan sebesar 15 MPa dan 25 MPa. Benda uji mortar berbentuk kubus berukuran 5x5x5 cm dengan komposisi campuran untuk mortar 1 PCC: 4 Psr, 1 PCC: 6 Psr, 1 PCC: 8 Psr dan 1 PCC:10 Psr. Waktu perawatan benda uji beton dan mortar adalah 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan nilai kuat tekan beton dan mortar yang menggunakan agregat Sungai Fatubenao hari lebih rendah dari beton dan mortar yang menggunakan agregat Sungai Takari.Concrete is one of the construction materia that is often used in current modern building structure. The purpose of this research is to find out the concrete and mortar strength value that use aggregate from Fatubenao village Atambua City sub-district Belu District, also to know their comparison value on concrete and mortar that use aggregate from Takari. The concrete test sample that use cylindrical with a diameter of 15 cm and height is 30 cm with a total of sample tests are 18 pieces. Plan compressive strength values are 15 MPa and 25 MPa. In mortal test sample that use cuboid with a measure is 5x5x5 cm with mortar compositions are 1Pcc:4Psr, 1Pcc:6Psr, 1Pcc:8Psr, 1Pcc:10Psr and the total of sample tests are 36 pieces. The time of concrete and mortal sample test maintenance is 28 days. The result of this researcg shows that the concrete and mortar compressive strength value that use aggregates from Fatubenao is lower than the concrete and mortar that use aggregates from Takari.
PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KUPANG-SOE MENGGUNAKAN METODE STATED PREFERENCE Landunau, Wila T.; Frans, John H.; Utomo, Sudiyo
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.043 KB)

Abstract

Kota Soe biasa dijadikan tempat tujuan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan dijadikan tempat peristirahatan bagi wisatawan yang melewati kota ini. Ada 4 moda transportasi yang biasa digunakan untuk perjalanan Kupang-Soe yaitu bus, mobil travel, sepeda motor, dan mobil pribadi, dimana dalam pemilihan moda transportasi ini didasarkan pada anggapan bahwa proporsi permintaan perjalanan tergantung pada persaingan antar moda. Adanya perbedaan karakteristik antara keempat moda transportasi tersebut dengan rute Kupang-Soe mendasari penelitian ini untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi seseorang dalam memilih moda untuk melakukan perjalanannya. Survey berupa kuisioner dimulai dengan menetapkan jumlah sampel yang dibutuhkan. Kemudian disebar di terminal bayangan, dan masyarakat kota Kupang yang sering melakukan perjalanan ke Soe dengan menggunakan bus, sepeda motor, dan mobil pribadi. Hasil survey dikumpulkan kemudian dilakukan analisis regresi logistik multinomial untuk mendapatkan model probabilitas dari masing-masing transportasi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bawah karakteristik pengguna moda transportasi pada umumnya sama. Yang membedakan adalah beberapa faktor pemilihan untuk menggunakan moda transportasi yang diinginkan seperti alasan memilih kendaraan, tujuan/ maksud perjalanan, dan waktu tunggu sebelum berangkat. Dan berdasarkan hasil analisis logistik multinomial, probabilitas pemilihan moda transportasi terbesar adalah sepeda motor sebesar 26,75% dan probabilitas terkecil adalah mobil pribadi sebesar 23,75%.Soe city commonly being a destination for tourist to see beautiful scenery, and being transit site for tourist who pass by this city. There are four transportations commonly used for Kupang-Soe route, namely bus, public car, motorcycle and personal car, where in this transportations selecting, based on an assumption that proportion of traveling demand will depends on competition between transportation. Absence of difference between the four transport characteristic in Kupang-Soe route become this study foundation to give a question what factor affecting someone in selecting transportations to do his travel. A survey of questionnaire begun by setting the number of samples needed. Then deployed in unofficial terminal and citizen of Kupang who traveled in often frequently to Soe with bus, motorcycle, and personal car. The survey results are collected and used Multinomial Logistic Regretion  Analysis to found out model of probability from each transportation. Based on descriptive result, showed the characteristic of moda transportation user are generally typical. The differences are moda transportation selection factors, such destination and delay time. And based on multinomial logistic regretion analysis, highest probability of moda transportation selection are 26,75% for motorcycle and lowest probability of moda transportation selection are 23,75% for personal car.
PERHITUNGAN DEBIT SIMULASI DENGAN DEBIT TERUKUR PADA DAS MANIKIN Nomleni, Rosany A.; Nasjono, Judi K.; Bella, Rosmiyati A.
Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.234 KB)

Abstract

Debit air yang mengalir di sungai sangat bergantung pada beberapa faktor antara lain bentuk sungai dan besarnya curah hujan yang turun. Semakin besar curah hujan yang turun maka semakin besar pula debit air di sungai oleh karena itu perlu dilakukan analisis debit maksimum di Daerah Aliran Sungai Manikin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai debit simulasi berdasarkan curah hujan metode Aritmtik, Thiessen dan Isohiet dan debit terukur berdasarkan data tinggi muka air. Debit Simulasi dan terukur diuji menggunakan metode Mean Square Error dan Nash Sutcliffe Efficiency. Dari hasil penelitian diperoleh jumlah nilai hujan maksimum metode Aritmatik tahun 2009-2017 sebesar 681,000 mm, metode Thiessen sebesar 664,080 mm, dan metode Isohiet sebesar 982,111 mm. Nilai debit terukur yang terbesar terjadi pada tahun 2015 sebesar 46,370 m3/dtk. Nilai debit simulasi terbesar menurut metode Aritmatik yaitu pada tahun 2014 sebesar 90,779 m3/dtk, metode Thiessen tahun 2011 sebesar 102,202 m3/dtk, dan metode Isohiet tahun 2015 sebesar 148,940 m3/dtk. Nilai MSE untuk metode Aritmatik sebesar 4439,522 dan nilai NSE sebesar -18,368, nilai MSE untuk metode Thiessen sebesar 4218,128 dan nilai NSE sebesar -17,403, nilai MSE untuk metode Isohiet sebesar 9319,230 dan nilai NSE sebesar -39,657.The discharge water flows in the river depends on several factors, including the shape of the river and the amount of rainfall that falls. The greater the rainfall that falls, the greater the water discharge in the river, therefore the maximum discharge analysis needs to be done in the Manikin Watershed. The purpose of this study is to obtain a simulated discharge value using the Rational method based on rainfall, arrhythmic, thiessen and isohiet methods and measured discharge based on water level data. Simulation and measured discharge were tested using the Mean Square Error and Nash Sutcliffe Efficiency methods. From the results of the study, the maximum rain value of the Arithmetic method in 2009-2017 is 681,000 mm, the Thiessen method is 664,080 mm, and the Isohiet method is 982,111 mm. The largest measured discharge value  occurred in 2015 at 46,370 m3/sec. The simulation discharge value is the largest according to the Arithmetic method, namely in 2014 amounted to 90.779 m3/sec, the Thiessen method in 2011 is 102.202 m3/sec, and the Isohiet method in 2013 is 148.940 m3/sec. The MSE value for the Arithmetic method is 4439,522 and the NSE value is -18,368, the MSE value for the Thiessen method is 4218,128 and the NSE value is -17,403, the MSE value for the Isohiet method is 9319,230 and the NSE value is -39,657.

Page 1 of 2 | Total Record : 12